Apa Itu Domba Awassi? Ketahui Ciri-Ciri Hingga Keunggulannya

31 Januari 2024

Budidaya ternak merupakan salah satu kegiatan yang menjanjikan, terutama jika kamu tertarik untuk memulai beternak domba. Salah satu jenis domba yang memiliki banyak keunggulan adalah domba Awassi. Domba ini bukan hanya menghasilkan daging berkualitas, tetapi juga susu melimpah. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara komprehensif tentang domba Awassi, dari karakteristik hingga keunggulannya sebagai hewan ternak.

Apa Itu Domba Awassi?

Domba Awassi merupakan salah satu jenis domba yang memiliki asal-usul dari Asia Barat Daya, khususnya wilayah Gurun Suriah. Meskipun berasal dari daerah tersebut, keunggulan domba Awassi telah membuatnya menjadi primadona peternak di berbagai negara, termasuk Australia. Keistimewaan domba ini terletak pada kemampuannya menghasilkan daging berkualitas tinggi dan susu yang melimpah.

Domba Awassi dikenal sebagai hewan ternak multiguna yang dapat memberikan manfaat ganda bagi peternakan. Kemampuannya beradaptasi tinggi, memungkinkannya hidup baik bersama badui nomaden maupun di lingkungan masyarakat pedesaan yang menetap. Apa yang membuatnya menonjol adalah daya adaptasinya yang baik terhadap cuaca panas, bahkan mampu bertahan dalam musim paceklik dengan menyimpan minyak di ekornya.

Baca juga: Menggali Potensi Peternakan Domba Australia Beserta Jenis-Jenisnya

Ciri-Ciri Domba Awassi

Domba Awassi memikat para peternak dengan sejumlah karakteristik khusus yang membuatnya menjadi pilihan unggul dalam dunia budidaya ternak. 

5 Karakteristik Domba Awassi

Mari kita eksplorasi secara lengkap lima karakteristik utama domba Awassi:

  • Ukuran Tubuh yang Tepat: Domba Awassi memiliki ukuran tubuh yang seimbang, tidak terlalu besar maupun terlalu kecil. Hal ini membuatnya menjadi hewan yang mudah diurus dan cocok untuk berbagai jenis lingkungan peternakan.
  • Warna Tubuh yang Khas: Tubuh domba Awassi umumnya berwarna putih, sementara kepala memiliki warna merah agak kecokelatan. Namun, terdapat pula variasi warna, seperti tubuh berwarna merah atau hitam, dengan kepala berwarna hitam. Variasi warna ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para peternak.
  • Wol Tebal yang Melimpah: Salah satu ciri khas utama domba Awassi adalah wolnya yang tebal. Wol ini memberikan perlindungan ekstra terhadap suhu ekstrem, baik panas maupun dingin. Keberadaan wol yang melimpah juga memberikan nilai tambah dalam industri tekstil.
  • Ekor yang Besar dan Gemuk: Ekor domba Awassi cenderung besar dan gemuk. Beberapa peternak memberikan perhatian khusus pada ekor ini, dengan tujuan memaksimalkan kegunaannya. Ekornya yang besar juga memberikan nilai tambah dalam aspek estetika.
  • Tanduk yang Unik: Sebagian besar domba Awassi memiliki tanduk, baik pada jantan maupun betina. Tanduk betina cenderung lebih kecil dan pendek daripada tanduk jantan. Tanduk ini tidak hanya memberikan ciri khas visual, tetapi juga dapat memberikan informasi tentang jenis kelamin domba.

Domba Awassi juga dikenal sebagai salah satu domba penghasil susu terbanyak dibandingkan dengan domba lainnya. Di bawah ini akan dijelaskan mengapa susu dari Domba Awassi adalah aset penting untuk peternakanmu.

Apa Perbedaan Kandungan Susu Domba Awassi dengan Susu Hewan Lainnya?

Perbedaan utama antara susu domba Awassi dan susu hewan lainnya terletak pada komposisi uniknya. Susu domba Awassi memiliki kandungan lemak dan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu hewan lain seperti sapi atau kambing. Kandungan lemak dan protein yang tinggi membuat susu domba menjadi pilihan yang sangat baik untuk berbagai produk olahan susu.

Selain itu, susu domba Awassi juga mengandung nutrisi seperti vitamin A, B, dan D, serta mineral penting seperti kalsium dan fosfor. Kandungan nutrisi yang kaya membuat susu domba menjadi pilihan yang populer di industri makanan dan minuman, serta produk-produk kecantikan.

Dengan karakteristik unik dan kandungan susu yang istimewa, domba Awassi menjadi salah satu jenis ternak yang sangat bernilai dalam dunia peternakan modern. Selanjutnya, kita akan membahas lebih lanjut mengenai jenis-jenis domba Awassi yang dapat dipertimbangkan dalam budidaya ternak.

Jenis-Jenis Domba Awassi

Domba Awassi memiliki berbagai jenis yang memiliki karakteristik dan keistimewaan masing-masing. Mari kita bahas secara lengkap dua jenis utama dari domba Awassi, yaitu Domba Awassi F1 dan Domba Awassi fullblood.

1. Domba Awassi F1

Domba F1 merupakan hasil persilangan antara indukan fullblood dengan domba lokal. Anakan F1 memiliki komposisi darah sebanyak 50% darah murni dan 50% darah campuran. Jenis domba ini sangat diminati di dunia peternakan, baik untuk kelas domba perah maupun domba pedaging.

Keunggulan dari Domba Awassi F1 adalah harganya yang terjangkau. Meskipun hanya memiliki setengah darah murni, Domba F1 membawa genetik unggul dari pejantan fullblood, membuatnya menjadi pilihan yang ekonomis namun tetap berkualitas. Anakan F1 ini dapat menjadi solusi bagi para peternak yang menginginkan hasil berkualitas tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu tinggi.

2. Domba Awassi Fullblood

Domba Awassi fullblood adalah jenis domba yang memiliki darah 100% murni, tanpa campuran dari jenis domba lain. Domba ini memberikan jaminan kualitas tinggi dengan sertifikat resmi dari peternakan modern Australia. Proses breeding di peternakan tersebut sangat selektif, menghasilkan keturunan dengan genetik unggul dan murni.

Domba Awassi fullblood memiliki banyak keunggulan, mulai dari pertumbuhan daging yang cepat, produksi susu yang besar, hingga daya tahan tubuh yang luar biasa. Sebagai investasi, Domba Awassi fullblood cenderung mengalami kenaikan nilai yang terus-menerus, membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi para peternak yang menginginkan domba dengan genetik murni.

Apa Saja Keunggulan Domba Awassi sebagai Hewan Ternak?

Domba Awassi telah membuktikan dirinya sebagai pilihan unggul dalam dunia budidaya ternak, menawarkan sejumlah keunggulan yang membuatnya diminati oleh para peternak. Berikut adalah penjelasan secara lengkap mengenai keunggulan-keunggulan domba Awassi sebagai hewan ternak:

1. Pertumbuhan Daging Cepat

Domba Awassi memiliki pertumbuhan daging yang cepat, membuatnya menjadi pilihan ideal untuk peternak yang menginginkan hasil panen yang optimal dalam waktu relatif singkat. Dengan pertambahan bobot yang mencapai 5—6 kg per bulan untuk betina dan 7—8 kg per bulan untuk jantan, domba Awassi menunjukkan efisiensi tinggi dalam pemanfaatan pakan.

Baca juga: Perbedaan Daging Domba Dan Kambing, Mana Yang Lebih Sehat?

2. Produksi Susu Melimpah

Salah satu keunggulan utama domba Awassi terletak pada produksi susunya yang melimpah. Dengan rata-rata produksi susu mencapai 1,8 liter per hari, domba Awassi menjadi pilihan unggul bagi peternak yang ingin mendapatkan manfaat ganda dari susu dan daging.

3. Karkas Berkualitas Tinggi

Domba Awassi memiliki karkas yang berkualitas tinggi, dengan persentase karkas sekitar 51%. Karkas merupakan bagian tubuh setelah proses pemotongan, yang mencakup daging tanpa kepala, darah, organ-organ internal, kaki, dan kulit. Dengan karkas yang besar, domba Awassi menjadi pilihan yang menguntungkan untuk produksi daging.

4. Daya Adaptasi yang Tinggi

Keunggulan domba Awassi juga terletak pada kemampuannya untuk beradaptasi dengan cepat di berbagai lingkungan. Domba ini dapat hidup baik bersama badui nomaden maupun di masyarakat pedesaan yang menetap. Kemampuannya bertahan dalam cuaca panas serta kemampuan berjalan jauh menjadi nilai tambah dalam kondisi lingkungan yang beragam.

5. Genetik Unggul

Dalam varian seperti Domba Awassi F1 dan Domba Awassi fullblood, keunggulan genetik dari pejantan fullblood memberikan hasil yang unggul dalam pertumbuhan daging, produksi susu, dan daya adaptasi. Hal ini menjadikan domba Awassi pilihan yang cerdas bagi peternak yang menginginkan ternak dengan kualitas genetik terbaik.

Dari artikel ini, kita dapat menyimpulkan bahwa domba Awassi merupakan pilihan yang sangat menguntungkan bagi peternak yang menginginkan hasil optimal dalam usaha budidaya ternak. Keunggulan domba Awassi dalam pertumbuhan daging cepat, produksi susu melimpah, karkas berkualitas tinggi, daya adaptasi yang tinggi, dan genetik unggul menjadikannya pilihan yang cerdas dan efisien. Potensi investasi yang tinggi juga menambah daya tariknya sebagai aset berharga dalam dunia peternakan modern.

Jika kamu tertarik untuk memulai usaha budidaya ternak dengan memanfaatkan keunggulan Domba Awassi, Domba Dorsip siap memberikan bantuan. Kami menyediakan indukan domba Awassi berkualitas tinggi yang siap menjadi langkah awal menuju kesuksesan dalam peternakan. 

Web banner domba dorsip

Dengan genetik unggulan, indukan domba Awassi yang kami jual dapat dijadikan pasangan ideal baik dengan domba lokal maupun domba impor lain, menghasilkan crossbreed dengan kualitas genetik yang unggul.

Kami memahami pentingnya menjaga mutu setiap ternak, dan itulah yang menjadi fokus utama kami di Domba Dorsip. Kami selalu berkomitmen agar setiap peternak di Indonesia dapat memperoleh domba unggulan dengan produktivitas tinggi dan mudah untuk dibudidayakan.

Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi Domba Dorsip dan pesan domba Awassi untuk kamu ternakkan sekarang juga dan mulai usaha budidaya domba yang sukses bersama Domba Dorsip!

About 

Dombadorsip.com merupakan website jual domba online bibit genetik unggulan dan terpercaya. Domba Dorsip Farm menyediakan domba dengan kualitas genetik terpercaya dan unggulan. Domba Dorsip Farm juga melayani impor lengkap dari kandang karantina Australia sampai kandang karantina setempat.