Perbedaan Lamb dan Mutton: Panduan Lengkap untuk Pemilihan Daging

28 Februari 2024

Daging domba memiliki banyak penggemar. Rasanya yang unik dan dapat diolah menjadi berbagai makanan yang lezat membuatnya menjadi primadona di antara pecinta daging. Namun, tahukah kamu bahwa terdapat dua jenis daging domba yang tersedia di pasaran, yaitu lamb dan mutton.

Dari dua jenis tersebut. kamu mungkin bertanya-tanya tentang apa perbedaan lamb dan mutton? Bagaimana memilih daging yang berkualitas? Dan yang paling penting, bagaimana sih cara masaknya supaya enak dan lezat? Tenang saja, kali ini Domba Dorsip akan bahas semua hal itu. Jadi, simak terus, ya!.

6 Perbedaan Lamb dan Mutton

Terdapat beberapa perbedaan daging Lamb dan mutton yang dapat kamu identifikasi dengan cepat. Berikut perbedaan daging lamb dan mutton.

1. Umur Daging

Lamb dan mutton berasal dari daging domba yang berbeda usia. Lamb adalah daging domba muda yang biasanya berusia di bawah 10 bulan, sementara mutton adalah daging yang berasal dari domba berumur dua tahun ke atas. 

2. Warna dan Tekstur Daging

Salah satu perbedaan paling mencolok antara lamb dan mutton adalah warna dan tekstur dagingnya. Lamb memiliki daging yang lebih cerah, merah muda, dan lembut. Di sisi lain, mutton memiliki warna yang lebih gelap, cenderung merah tua, dan teksturnya lebih padat. Beberapa orang lebih suka lamb karena kelembutan dagingnya, sementara yang lain lebih memilih mutton karena rasa yang lebih kuat dan kaya.

3. Rasa dan Aroma

Tentunya, perbedaan umur domba memengaruhi rasa dan aroma dagingnya setelah diolah. Lamb memiliki rasa yang lebih ringan dan lembut, dengan sedikit aroma yang khas dari daging domba. Sementara itu, mutton memiliki rasa yang lebih kuat.

4. Kelembutan Daging

Kelembutan daging adalah faktor penting dalam menentukan kualitas. Lamb cenderung lebih lembut karena daging domba muda memiliki serat yang sedikit. Sebaliknya, mutton terasa lebih kenyal atau berlemak karena domba yang lebih tua memiliki daging yang lebih berserat

5. Kesesuaian untuk Masakan Tertentu

Perbedaan daging lamb dan mutton selanjutnya adalah dari kesesuaian masakan tertentu. Lamb sering digunakan dalam hidangan yang membutuhkan rasa yang lebih ringan, seperti lamb chop, sementara mutton biasanya lebih cocok dalam hidangan kari yang membutuhkan rasa yang lebih kuat.

6. Nilai Gizi

Siapa di sini yang lagi diet? Lamb memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dan protein yang lebih tinggi dibandingkan mutton. Ini membuat lamb menjadi pilihan yang lebih sehat, terutama untuk kamu yang memperhatikan asupan nutrisi dalam diet.

Baca juga: Perbedaan Daging Domba Dan Kambing, Mana Yang Lebih Sehat?

Tip Memilih Lamb dan Mutton yang Berkualitas

Memilih daging yang berkualitas menjadi langkah penting untuk memastikan bahwa hidangan yang dimasak memiliki cita rasa yang maksimal dan memberikan manfaat gizi yang baik. Berikut tip dalam memilih dua jenis daging ini.

Tip Memilih Lamb yang Berkualitas:

  • Pilih Lamb yang Berwarna Cerah: Lamb berkualitas tinggi memiliki warna daging yang cerah dan cenderung berwarna merah muda. Warna yang cerah menunjukkan daging domba yang masih muda dan segar.

  • Perhatikan Marbling: Marbling merupakan lapisan lemak yang tersebar di dalam daging. Lamb yang berkualitas tinggi memiliki marbling yang merata, memberikan kelembutan dan rasa yang lebih baik pada daging. 

  • Perhatikan Baunya: Pilih lamb yang memiliki aroma segar dan khas domba. Hindari lamb yang memiliki bau amis atau tidak sedap, karena itu bisa menjadi indikasi daging yang tidak segar.

  • Pilih Dari Sumber Tepercaya: Mendapatkan lamb dari sumber tepercaya adalah kunci untuk mendapatkan kualitas yang baik. Pilih peternakan atau penjual daging yang terkenal dengan standar kualitas tinggi dengan pemeliharaan yang baik terhadap domba-dombanya.

Tip Memilih Mutton yang Berkualitas:

  • Hindari Memilih Daging yang Terlihat Pucat: Mutton berkualitas tinggi memiliki warna daging yang menarik, cenderung merah tua. Mutton yang terlihat pucat menandakan bahwa daging tersebut memiliki kualitas yang buruk.

  • Perhatikan Lapisan Lemak: Mutton yang baik memiliki lebih banyak lapisan lemak dibandingkan lamb

  • Bau yang Khas: Pilih mutton yang memiliki aroma daging domba tanpa bau amis atau tidak segar.

  • Pilih Dari Penjual Tepercaya: Seperti memilih lamb, pilihlah mutton dari penjual tepercaya. Pastikan penjual memiliki reputasi baik dan memberikan informasi yang jelas tentang asal-usul daging mereka.

Tip Memasak Lamb dan Mutton

Kedua jenis daging ini memiliki perbedaan dalam cara memasaknya. Hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan tekstur pada kedua jenis daging ini. Simak beberapa tip di bawah ini agar kamu dapat menghasilkan masakan yang lezat..

Tip Memasak Lamb:

  • Gunakan Metode Memasak Cepat: Lamb cenderung menjadi lebih lembut dan lezat jika dimasak dengan metode memasak cepat seperti grill atau sauté. Hindari memasak lamb terlalu lama agar tidak kehilangan kelembutannya.

  • Gunakan Bumbu yang Tepat: Bumbu yang tepat dapat meningkatkan rasa lamb. Gunakan rempah-rempah seperti rosemary, thyme, atau garlic untuk memberikan tambahan aroma dan rasa yang sesuai dengan karakter daging lamb.

  • Perhatikan Suhu: Memasak lamb dengan suhu yang tepat adalah kunci untuk mendapatkan hasil terbaik. Suhu memasak yang terlalu tinggi dapat membuat daging kering dan kehilangan kelembutannya.

Tip Memasak Mutton: 

  • Pilih Metode Memasak yang Lama: Mutton cenderung memerlukan waktu memasak yang lebih lama untuk mencapai kelembutan yang diinginkan. Metode memasak seperti slow cooking, braising, atau stewing sangat cocok untuk mutton.

  • Gunakan Bumbu yang Beragam: Mutton memiliki rasa yang khas. Cobalah menambahkan bumbu-bumbu seperti seperti jintan, kapulaga, atau kayu manis untuk memberikan sentuhan yang khas pada mutton.

  • Beri Ruang untuk Marinating: Marinating dapat membantu meresapkan bumbu dan membuat rasa dari masakan lebih kaya. Setelah melumuri daging dengan bumbu, diamkan beberapa saat agar bumbu meresap dengan sempurna. 

Baca juga: Apa Itu Domba Awassi? Ketahui Ciri-Ciri Hingga Keunggulannya

Itulah perbedaan lamb dan mutton. Secara garis besar, lamb dan mutton memiliki keunikan masing-masing, tergantung selera dan kebutuhan. Kalau kamu ingin yang fresh dan ringan, pilih saja lamb. Tetapi, jika kamu mau makan daging yang cocok untuk masakan cita rasa kuat, mutton bisa jadi juaranya.

Web banner domba dorsip

Jangan lupa, kualitas daging sangat berpengaruh pada hasil akhir masakan. Untuk mendapatkan domba yang menghasilkan daging lamb dan mutton berkualitas, yuk beli domba Awassi Fullblood dari Domba Dorsip! Lebih dari itu, karena daging domba memiliki banyak peminat, kamu dapat menjalin mitra dengan kami untuk membangun peternakan impianmu.

Domba Dropship siap memberikan indukan domba dengan genetik unggul untuk memastikan ternak yang berkualitas dengan jangka waktu yang panjang. Tidak perlu menunggu lebih lama lagi. Segera hubungi Domba Dorsip dan pesanlah indukan domba Awassi Fullblood guna memulai peternakan impian kamu.

About 

Dombadorsip.com merupakan website jual domba online bibit genetik unggulan dan terpercaya. Domba Dorsip Farm menyediakan domba dengan kualitas genetik terpercaya dan unggulan. Domba Dorsip Farm juga melayani impor lengkap dari kandang karantina Australia sampai kandang karantina setempat.