Syarat Domba untuk Kurban yang Harus Dipahami

18 April 2024
Syarat Domba untuk Kurban yang Harus Dipahami

Berkurban merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam, khususnya pada Hari Raya Idul adha. Ibadah ini melibatkan penyembelihan hewan ternak tertentu seperti domba. Memilih domba kurban tidak boleh sembarangan, lho. Hal tersebut dikarenakan terdapat beberapa syarat pada domba yang harus kamu penuhi terlebih dahulu sewaktu memilih domba untuk dijadikan hewan kurban.

Agar pelaksanaan ibadah kurban berjalan sesuai aturan dan mendapatkan berkah dari Allah SWT., kali ini Domba Dorsip akan menjabarkan syarat-syarat domba kurban. Jadi, agar kamu dapat memilih domba yang sesuai dengan syariat, pastikan untuk membaca artikel di bawah ini sampai tuntas, ya!

Baca juga: Jenis Domba Pedaging Unggul untuk Memenuhi Kebutuhan Anda

Sejarah Domba Kurban

Sebelum membahas detail tentang domba kurban, belum afdal rasanya jika belum mengetahui sejarah dari penerapan syariat ibadah kurban ini. Ceritanya dimulai dari zaman Nabi Ibrahim a.s.

Waktu itu, Nabi Ibrahim a.s. telah lama mendambakan seorang anak dan akhirnya diberi anugerah oleh Allah SWT. berupa putra yang diberi nama Ismail. Namun, ujian besar datang ketika Nabi Ibrahim mendapatkan petunjuk dalam mimpi untuk menyembelih putranya. Perintah tersebut direkam di dalam Al-Qur’an:

“Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: Hai anakku, sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu! Ismail menjawab: Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; Insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.” QS. As-Shaffat ayat 102

Karena keimanan dan ketaatan Nabi Ismail terhadap perintah Allah membuatnya rela untuk disembelih, namun Allah menggantinya dengan sembelihan dari surga.

“Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.” QS. As-Shaffat ayat 107

Dalam tafsir Jalalain, ayat di atas dijelaskan bahwa Allah SWT. menggantikan perintah penyembelihan terhadap Nabi Ismail dengan anugerah berupa seekor sembelihan yang datang dari surga. Sembelihan tersebut berupa domba yang dibawa oleh malaikat Jibril. 

Kisah tersebut memberikan pelajaran berharga bahwa Allah SWT. selalu menyediakan pengganti yang lebih baik dan bermakna dalam setiap ujian yang diberikan. Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail menunjukkan keteguhan iman dan ketundukan mereka terhadap kehendak Ilahi, sehingga kurban yang semula diarahkan kepada anak, digantikan dengan sembelihan yang diberkahi dari surga.

Baca juga: Syarat Domba Aqiqah dan Tata Cara Pelaksanaannya

Umur Domba untuk Kurban

Umur domba kurban adalah faktor penting yang harus diperhatikan agar ibadah kurban yang dilakukan diterima oleh Allah SWT. Domba yang akan dikurbankan harus sudah berumur genap satu tahun dan memasuki tahun kedua. Jika domba belum genap satu tahun, minimal harus sudah lebih dari enam bulan dan sudah tanggal gigi depannya.

2 Syarat Domba untuk Kurban

Selain dari umurnya, terdapat juga beberapa syarat yang harus kamu perhatikan dalam pemilihan domba kurban. Domba yang akan dijadikan hewan kurban haruslah memenuhi kriteria-kriteria tertentu untuk memastikan kualitas dan keabsahan dari ibadah kurban yang dilakukan. Berikut beberapa syarat domba untuk kurban.

1. Sehat dan Tidak dalam Keadaan Sakit

Kesehatan domba yang akan dijadikan kurban merupakan faktor utama dalam menentukan kelancaran dan diterimanya kurban oleh Allah SWT. Domba yang sehat menjadi simbol keikhlasan dan ketulusan dalam berkurban.

Domba yang sehat ditandai dengan aktivitas dan perilaku yang normal. Pastikan untuk memilih domba memiliki nafsu makan yang baik, mempunyai gerakan lincah, dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit seperti kelesuan atau kehilangan nafsu makan.

2. Tidak Cacat

Tentunya, kita harus memberikan yang terbaik kepada Allah SWT. Pemberian yang terbaik itu dapat dinilai dari kondisi fisik dari domba kurban. Berikut beberapa aspek yang perlu diperhatikan terkait ketidak catatan domba:

  • Tidak pincang atau cacat pada kaki
  • Tidak buta atau cacat pada mata
  • Tidak mengalami kudisan yang tampak jelas
  • Telinga tidak putus 
  • Ekor utuh (tidak putus sebagian atau keseluruhan)
  • Tidak gila

Baca juga: Cara Merawat Domba Agar Cepat Gemuk

Adab dan Sunah Penyembelihan Domba Kurban

Selain memahami umur dan syarat domba, adab dan sunah dalam penyembelihan juga merupakan aspek penting dalam pelaksanaan kurban, lho. Berikut adab dan sunah dalam penyembelihan hewan kurban. Simak dengan teliti, ya!

  • Penyembelihan Dilakukan Sendiri: Jika mampu, penyembelihan sebaiknya dilakukan oleh yang berkurban sendiri. Namun, jika tidak mampu, boleh diwakilkan kepada seseorang yang paham tentang kurban.
  • Hadir dan Menyaksikan Penyembelihan: Yang berkurban dan keluarganya dianjurkan untuk hadir dan menyaksikan penyembelihan.
  • Penyembelihan di Lingkungan Rumah: Penyembelihan hewan kurban sebaiknya dilakukan di lingkungan rumah. Berbeda dengan pemimpin negara yang disunahkan menyembelih di tempat pelaksanaan salat Idul Adha.
  • Menajamkan Alat Sembelih: Alat sembelih haruslah tajam agar dapat dengan cepat melakukan proses penyembelihan dan tidak menyiksa hewan saat disembelih. Selain itu, penyembelihan dilakukan tidak di hadapan hewan kurban yang akan disembelih.
  • Menyediakan Air: Sebelum penyembelihan, pastikan menyediakan air untuk diminumkan kepada hewan kurban.
  • Giring Domba dengan Lembut: Saat menggiring domba menuju tempat penyembelihan, lakukan dengan lembut dan penuh perhatian.

Dari artikel di atas, sekarang kamu sudah paham kan bagaimana cara yang benar dalam berkurban, mulai dari umur domba kurban, syarat-syarat yang harus dipenuhi, hingga adab dan sunah ketika melakukan kurban.

Web banner domba dorsip

Nah, buat kamu yang mau membuat peternakan domba atau masih bingung mencari domba yang sehat, bebas cacat, dan siap menjadi hewan kurban untuk memenuhi permintaan saat Hari Raya Iduladha nanti, langsung saja beli di Domba Dorsip. Kami menjual domba qurban terbaik yang sesuai dengan syariat. 

Ayo hubungi Domba Dorsip sekarang juga. Dapatkan domba terbaikmu dan ternakkan sekarang untuk membantu umat Muslim lebih mudah memperoleh domba kurban terbaik yang sesuai syariat!

About 

Dombadorsip.com merupakan website jual domba online bibit genetik unggulan dan terpercaya. Domba Dorsip Farm menyediakan domba dengan kualitas genetik terpercaya dan unggulan. Domba Dorsip Farm juga melayani impor lengkap dari kandang karantina Australia sampai kandang karantina setempat.