8 Cara Merawat Domba Agar Cepat Gemuk

20 Maret 2024

Budidaya domba merupakan salah satu sektor peternakan yang menjanjikan di Indonesia. Bagi para peternak, menjaga kesehatan dan kegemukan domba adalah kunci keberhasilan dalam usaha ini. Dengan pertumbuhan ekonomi dan kebutuhan akan daging yang terus meningkat, pemahaman yang mendalam tentang cara merawat domba agar cepat gemuk sangatlah penting. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara komprehensif mengenai pentingnya merawat domba dengan baik, faktor-faktor yang memengaruhi kegemukan domba, dan cara-cara efektif untuk mencapai tujuan tersebut.

Mengapa Domba Ternak Tidak Boleh Kurus?

Domba yang kurus bukan hanya masalah estetika, tetapi juga memiliki dampak serius terhadap produktivitas dan kesejahteraan ternak. Beberapa faktor yang memengaruhi kegemukan domba perlu dipahami agar peternak bisa mengambil tindakan yang tepat.

  • Produktivitas Rendah: Domba yang kurus cenderung memiliki tingkat reproduksi yang rendah. Ini dapat menghambat pertumbuhan populasi dan produksi domba yang optimal.
  • Kualitas Daging Menurun: Domba yang kurus memiliki kandungan daging yang kurang baik. Kualitas daging yang buruk dapat memengaruhi daya tarik pasar dan harga jual domba.
  • Risiko Penyakit Lebih Tinggi: Domba yang kurang gizi lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Sistem kekebalan tubuh yang lemah membuat domba ini mudah terinfeksi, yang dapat menyebar dengan cepat di antara kawanan domba.
  • Efisiensi Pakan Menurun: Domba kurus cenderung kurang efisien dalam memanfaatkan pakan. Hal ini dapat menyebabkan biaya pakan yang lebih tinggi tanpa hasil yang maksimal.

Dengan memahami mengapa domba ternak tidak boleh kurus, peternak dapat mengambil langkah-langkah yang dibutuhkan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan dan pertumbuhan optimal domba. Poin-poin di atas menjadi dasar untuk menjelajahi cara-cara merawat domba agar cepat gemuk, yang akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini.

8 Cara Merawat Domba Agar Cepat Gemuk

Merawat domba agar cepat gemuk bukanlah tugas yang rumit jika dilakukan dengan penuh perhatian dan pemahaman terhadap kebutuhan ternak. Berikut adalah delapan cara yang dapat kamu terapkan untuk memastikan domba-domba kamu tumbuh sehat dan gemuk dengan optimal:

1. Kondisi Kandang yang Ideal

Kesehatan domba bermula dari kondisi kandang yang baik. Pastikan kandang domba memiliki lokasi yang strategis, jauh dari permukiman dan potensi serangan hewan predator. Kandang yang luas, terbuka untuk sinar matahari, dan memiliki ventilasi udara yang baik akan membantu mengurangi tingkat stres domba. Jangan lupa untuk memperhatikan kelembapan udara dan membersihkan kandang secara teratur.

2. Kebersihan Sekitar Kandang

Kebersihan kandang dan lingkungan sekitarnya sangat krusial. Kandang yang bersih dapat mencegah penyebaran penyakit dan memastikan domba-domba tetap sehat. Rutinlah membersihkan kotoran dan sisa pakan di kandang, serta membersihkan wadah pakan dan minum. Jangan lupa membersihkan lingkungan sekitar dari sampah yang dapat menyebabkan bau yang mengganggu.

3. Pemberian Pakan yang Tepat

Pakan merupakan kunci utama kegemukan domba. Ketahui kebutuhan nutrisi domba berdasarkan berat badan mereka. Gabungkan pakan konsentrat yang tinggi protein dengan pakan hijauan yang kaya serat untuk mendapatkan kombinasi nutrisi yang seimbang. Pastikan pula pemberian pakan hijauan mencukupi, sekitar 10-20% dari bobot badan domba, untuk memastikan kebutuhan serat terpenuhi.

Baca juga: Cara Ternak Domba Modern beserta Teknologi Terkini untuk Keuntungan Beternak

4. Perawatan Tubuh yang Maksimal

Perawatan tubuh domba sangat penting. Mandikan domba secara rutin untuk menjaga kebersihan bulu dan kulit mereka. Cukur bulu domba jika perlu, dan jangan lupa untuk memotong kuku secara teratur. Hal ini tidak hanya menjaga kesehatan, tetapi juga membuat domba lebih nyaman dan aktif dalam bergerak.

5. Manajemen Kotoran yang Baik

Kotoran domba, meskipun berpotensi menjadi masalah, dapat diolah menjadi pupuk kandang yang berguna. Kelola kotoran dengan baik, simpan dalam wadah khusus, dan manfaatkan sebagai pupuk. Namun, pastikan kotoran yang diolah sudah membusuk dan kering agar efektif sebagai pupuk.

6. Pemantauan Kesehatan Secara Rutin

Periksa secara rutin kondisi tubuh domba. Perhatikan mata, hidung, mulut, kaki, perut, dan anus. Domba yang sehat memiliki indikator tersebut dalam kondisi bersih dan bebas lendir. Pisahkan domba yang menunjukkan gejala penyakit dan berikan perawatan intensif.

Baca juga: Identifikasi Penyakit pada Domba beserta Pencegahan dan Penanganan yang Tepat

7. Pemberian Suplemen yang Tepat

Suplemen dapat menjadi tambahan penting dalam merawat domba. Pastikan suplemen yang diberikan sesuai dengan kebutuhan nutrisi domba dan dapat meningkatkan nafsu makan mereka. Dengan nafsu makan yang baik, domba lebih mampu mencapai kegemukan yang diinginkan.

8. Pilih Jenis Domba yang Tepat

Jika kamu berencana untuk memulai beternak, pertimbangkan untuk menggunakan jenis domba yang memiliki potensi besar untuk cepat gemuk, seperti domba Dorper. Domba Dorper dari Domba Dorsip menawarkan genetik unggulan yang dapat mendukung kesuksesan beternak. Dengan kualitas tinggi dan harga terjangkau, ini menjadi pilihan yang bijak bagi peternak yang ingin hasil optimal dalam bisnis budidaya domba.

Baca juga: Mengungkap Keunikan Dan Keunggulan Domba Dorper Double Muscle

Dengan menerapkan kedelapan cara di atas, kamu dapat meningkatkan peluang keberhasilan beternak domba yang sehat dan cepat gemuk. Ingatlah untuk selalu memperhatikan kebutuhan individu setiap domba dan memberikan perawatan yang teliti.

Dalam merawat domba agar cepat gemuk, keseluruhan aspek perawatan dan manajemen ternak perlu diperhatikan dengan cermat. Dari kondisi kandang yang ideal, kebersihan sekitar, hingga pemberian pakan dan perawatan tubuh, semuanya berkontribusi pada kesehatan dan pertumbuhan optimal domba. Kunci utama tetap pada pemahaman terhadap kebutuhan individu setiap domba dan responsif terhadap kondisi lingkungan mereka.

Web banner domba dorsip

Jika kamu tertarik untuk memulai usaha budidaya domba dan mencari jenis domba yang unggul, Domba Dorsip merupakan solusi terbaik. Kami menyediakan domba Dorper dengan genetik unggulan, menjadi pilihan ideal untuk beternak domba yang cepat gemuk. Kami jual domba Dorper yang  memiliki kualitas tinggi, dan ketika dikawinkan dengan domba lokal atau crosstexel, menghasilkan crossbreed dengan genetik yang tak kalah unggul.

Kelebihan lainnya adalah harga yang terjangkau tanpa mengorbankan mutu. Kami sangat menjaga kualitas setiap domba yang kami sediakan, memastikan bahwa setiap peternak di Indonesia dapat memperoleh domba unggulan dengan produktivitas tinggi. Sebagai pemain tepercaya dalam industri ini, Domba Dorsip hadir untuk mendukung kesuksesan bisnis budidaya domba kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi Domba Dorsip dan dapatkan domba crossbreed Dorper untuk peternakanmu sekarang juga dan memulai usaha budidaya domba yang sukses bersama Domba Dorsip!

About 

Dombadorsip.com merupakan website jual domba online bibit genetik unggulan dan terpercaya. Domba Dorsip Farm menyediakan domba dengan kualitas genetik terpercaya dan unggulan. Domba Dorsip Farm juga melayani impor lengkap dari kandang karantina Australia sampai kandang karantina setempat.