7 Ciri-Ciri Domba Texel: Mengenal Karakteristiknya yang Unik

23 Februari 2024

Pertumbuhan industri peternakan di Indonesia makin pesat, dan salah satu jenis domba yang menjadi sorotan adalah domba Texel. Dengan keunikan karakteristiknya, domba Texel telah menarik perhatian peternak dan pecinta ternak di seluruh negeri. Artikel ini akan membahas secara komprehensif mengenai ciri-ciri khas domba Texel, memberikan pemahaman mendalam tentang jenis domba ini, dan memberikan informasi yang berguna bagi kamu yang tertarik untuk  memulai usaha budidaya ternak.

Apa Itu Domba Texel?

Domba Texel adalah salah satu jenis domba pedaging yang berasal dari Pulau Texel di Belanda. Domba ini dikenal karena karakteristik fisiknya yang mencolok, membuatnya mudah dikenali di antara jenis domba lainnya. Keunikan Texel tidak hanya terletak pada ukuran tubuhnya yang besar, tetapi juga pada hasil dari pemeliharaannya yang sangat dihargai, seperti daging yang lezat dan wol berkualitas tinggi.

Ciri khas dari domba Texel melibatkan berbagai aspek, termasuk bentuk tubuh, warna bulu, dan kemampuan reproduksinya. Selain itu, domba Texel juga telah berhasil berkembang di berbagai wilayah, termasuk di Indonesia, menjadi pilihan utama dalam budidaya domba pedaging.

Dalam upaya untuk memahami potensi dari jenis domba ini, kita perlu menggali lebih dalam tentang karakteristik fisik, sifat reproduksi, serta manfaat yang dapat diberikan oleh domba Texel. Hal ini akan membantu kamu sebagai peternak pemula untuk membuat keputusan yang tepat dalam memulai atau mengembangkan usaha peternakan.

Baca juga: Jenis-Jenis Domba Di Indonesia Yang Cocok Untuk Diternakkan

7 Ciri-Ciri Domba Texel yang Harus Diketahui Setiap Peternak

Dalam memulai atau mengembangkan usaha peternakan, penting bagi setiap peternak untuk memahami dengan baik ciri-ciri khas dari jenis ternak yang dipilih. Domba Texel, sebagai salah satu jenis domba pedaging yang populer, memiliki sejumlah ciri-ciri yang perlu diketahui setiap peternak. 

Berikut adalah 7 ciri-ciri utama dari domba Texel:

1. Bentuk Tubuh yang Menonjol

Domba Texel dikenal memiliki bentuk tubuh yang menonjol dengan ukuran yang besar, panjang, dan simetris. Badannya berisi namun tidak terlalu gemuk, memberikan kesan proporsional dan estetis.

2. Wajah Khas dan Telinga Horizontal

Salah satu ciri yang membedakan Texel adalah wajahnya yang lebar dengan hidung hitam dan telinga yang pendek serta horizontal. Keunikan ini memberikan tampilan yang bersih dan mudah dikenali.

3. Kulit dan Bulu Wol yang Bersih

Texel memiliki kulit yang bersih tanpa bulu di kepala dan kaki. Bulu wolnya memiliki diameter sekitar 32 μ, cocok untuk berbagai produk wol seperti rajutan dan kaus kaki.

4. Kelebihan dalam Pembibitan

Domba Texel terkenal karena keunggulannya dalam pembibitan. Anak-anak dari Texel-sired lambs menunjukkan pertumbuhan otot yang luar biasa dan kadar lemak yang rendah pada dagingnya.

5. Berat Badan yang Mengesankan

Domba Texel jantan dapat mencapai berat badan hingga 100 kilogram, sementara betina mencapai 90 kilogram. Berat badan yang mengesankan ini menjadikan Texel pilihan ideal untuk budidaya domba pedaging.

6. Dapat Digunakan untuk Berbagai Produk

Selain dagingnya, Texel juga memberikan manfaat melalui wol dan keturunan. Fleksibilitas ini memberikan peluang pemasaran yang luas bagi peternak.

7. Pengaruh Positif pada Crossbreeding

Mengawinkan Texel dengan domba pedaging fullblood, seperti Dorper, menghasilkan keturunan dengan pertumbuhan cepat, daya tahan tinggi, dan daging berkualitas tanpa lemak.

Memahami ciri-ciri ini adalah kunci untuk mengelola dan memaksimalkan potensi dari domba Texel dalam budidaya ternak.

Mengapa Domba Texel Cocok Untuk Peternak Pemula?

Domba Texel telah meraih popularitas yang signifikan di kalangan peternak pemula, dan hal ini dapat dijelaskan oleh sejumlah alasan yang membuat jenis domba ini menjadi pilihan utama. Berikut adalah 5 alasan mengapa domba Texel begitu populer di kalangan peternak pemula:

1. Budidaya yang Mudah

Salah satu alasan utama adalah kemudahan dalam budidaya domba Texel. Jenis domba ini memiliki sifat yang tangguh dan daya tahan yang tinggi terhadap berbagai kondisi lingkungan. Kemampuan adaptasi ini membuatnya cocok untuk peternak pemula yang mungkin masih belajar tentang manajemen ternak.

2. Produktivitas Tinggi

Domba Texel dapat mencapai berat badan yang mengesankan, memberikan hasil panen yang maksimal. Produktivitas tinggi ini menjadi daya tarik utama bagi peternak pemula yang menginginkan hasil yang optimal dari usaha budidaya ternak.

3. Kualitas Daging yang Unggul

Daging yang dihasilkan oleh domba Texel terkenal akan kelezatannya dan tingkat lemak yang rendah. Ini membuatnya sangat diminati di pasar, memberikan peluang bisnis yang baik bagi peternak pemula yang fokus pada produksi daging berkualitas tinggi.

4. Fleksibel untuk Dijual

Domba Texel tidak hanya memberikan manfaat melalui dagingnya, tetapi juga melalui wol dan keturunan. Fleksibilitas ini memberikan keuntungan lebih dalam pemasaran, memberikan opsi beragam bagi peternak pemula untuk menjual produk terbaik.

5. Keuntungan dalam Crossbreeding

Kemampuan domba Texel dalam memberikan hasil yang unggul melalui crossbreeding menjadi nilai tambah bagi peternak pemula. Ini memberikan peluang untuk menghasilkan keturunan dengan karakteristik yang diinginkan, seperti pertumbuhan cepat dan daya tahan tinggi.

Baca juga: Cara Ternak Domba Modern beserta Teknologi Terkini Untuk Keuntungan Beternak

Dapat disimpulkan bahwa jenis domba ini memang memiliki karakteristik yang istimewa dan menjadi pilihan yang menarik, terutama bagi peternak pemula. Kelebihan dalam produktivitas, kualitas daging, serta kemudahan dalam budidaya menjadikan domba Texel sebagai aset berharga dalam industri peternakan. Dengan memahami ciri-ciri khas dan manfaat yang ditawarkan, kamu dapat mengambil langkah yang tepat dalam mengembangkan usaha ternak.

Web banner domba dorsip

Jika kamu tertarik untuk terjun ke dunia usaha budidaya dan ingin memulai beternak domba Texel, Domba Dorsip siap memberikan bantuan. Kami menjual domba cross Texel berkualitas tinggi yang dapat meningkatkan genetik unggul dalam hasil crossbreeding.

Di Domba Dorsip, kamu bisa mendapatkan domba Texel unggulan dengan harga yang terjangkau tanpa mengorbankan mutu. Tidak hanya itu, kami sangat menjaga kualitas setiap domba yang disediakan, sehingga setiap peternak di Indonesia memiliki kesempatan untuk mendapatkan domba unggulan dengan produktivitas tinggi yang mudah untuk dibudidayakan.

Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi Domba Dorsip dan pesan domba cross texel unggulanmu sekarang juga untuk memulai usaha budidaya domba yang sukses bersama Domba Dorsip!

About 

Dombadorsip.com merupakan website jual domba online bibit genetik unggulan dan terpercaya. Domba Dorsip Farm menyediakan domba dengan kualitas genetik terpercaya dan unggulan. Domba Dorsip Farm juga melayani impor lengkap dari kandang karantina Australia sampai kandang karantina setempat.