6 Keunggulan Domba Garut dan Cara Memilihnya yang Perlu Anda Ketahui

21 Februari 2024

Pertumbuhan dunia peternakan makin menarik perhatian, terutama bagi anak muda yang ingin mencoba peruntungan di bidang ini. Salah satu pilihan yang patut dipertimbangkan adalah beternak domba, khususnya domba Garut (atau yang juga dikenal dengan nama domba Priangan). Domba yang satu ini bukan hanya unik dari segi fisiknya, tetapi juga memiliki keunggulan-keunggulan tertentu yang membuatnya menonjol.

Pada artikel ini, Domba Dorsip akan menyelami lebih dalam mengenai sejarah, karakteristik, dan keunggulan domba Garut. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan beberapa tip untuk memilih domba Garut yang berkualitas. Pelajari selengkapnya di bawah ini!

Sejarah dan Karakteristik Domba Garut

Sebagai calon peternak yang cerdas, tentu penting untuk mengenal lebih jauh sejarah dan karakteristik dari hewan ternak yang akan kita pelihara. Domba Garut, yang sudah dibudidayakan oleh masyarakat Garut sejak zaman dahulu, memiliki keunikan tersendiri. Sebagai hasil persilangan segitiga antara domba asli Indonesia, domba Merino dari Asia, dan domba ekor gemuk dari Afrika, domba Garut memiliki bentuk fisik yang besar dan kuat.

Bentuk fisik ini terlihat pada domba jantan dewasa yang memiliki bobot mencapai 60 - 80 kg, sementara domba betina memiliki bobot sekitar 30 - 40 kg. Tanduk domba jantan yang besar dan melengkung memberikan karakteristik unik, sementara domba betina yang tidak memiliki tanduk juga memiliki daya tariknya sendiri. Selain itu, bulu domba betina yang lebih panjang dan halus menjadikannya sangat baik sebagai penghasil daging.

Domba Garut juga tidak hanya sekadar hewan ternak biasa. Sejarah mencatat bahwa relief domba Garut ditemukan di kompleks Candi Prambanan, menggambarkan keberadaan domba ini pada pertengahan abad ke-7 Masehi. Dari relief tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa domba Garut bukan hanya sekadar hewan ternak, tetapi juga memiliki nilai budaya dan sejarah yang tinggi untuk masyarakat Indonesia.

Baca juga: Jenis-Jenis Domba di Indonesia yang Cocok untuk Diternakkan

Keunggulan Domba Garut

Sekarang, mari kita bahas lebih mendalam mengenai keunggulan domba Garut yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik untuk dijadikan sebagai hewan ternak, dan dari segi budaya.

1. Tingkat Pembiakan yang Tinggi

Salah satu keunggulan utama dari domba Garut adalah tingkat pembiakan yang tinggi. Domba Garut dikenal sebagai spesies dengan tingkat pembiakan paling tinggi di antara spesies domba lainnya di Indonesia. Bahkan, kamu akan sulit menemukan spesies lain yang mampu menyaingi tingkat prolifikasi domba Garut, kecuali spesies domba Barbados Blackbelly.

2. Kualitas Daging dan Kulit yang Unggul

Kualitas daging dan kulit domba Garut juga menjadi salah satu keunggulannya. Jenis pakan unik yang dikonsumsi dan tingkat keaktifan yang berbeda membuat daging dan kulit domba Garut memiliki kualitas yang khas. Sebagai pemakan segala macam makanan berwarna hijau (daun, rumput, dan lain sebagainya), domba Garut menghasilkan daging yang lezat dan kulit yang berkualitas.

3. Nilai Ekonomi yang Tinggi

Domba Garut bukan hanya memberikan manfaat dari segi kualitas produknya, tetapi juga dari sisi ekonomi. Harganya yang bersaing dan mampu menghidupi masyarakat membuat bisnis domba Garut memiliki pangsa pasar tersendiri. Bahkan, dalam masa pandemi sekalipun, bisnis ini tetap mampu bertahan dan memberikan kontribusi positif pada ekonomi.

4. Kontribusi terhadap Budaya dan Bahasa

Domba Garut tidak hanya berkontribusi dalam dunia peternakan, tetapi juga dalam budaya dan bahasa Indonesia. Istilah-istilah dalam bahasa Sunda terkait domba Garut, seperti rumpung, ngadaun hiris, ngabuntut bagong, dan ngabuntut beurit, telah menjadi bagian dari kosakata bahasa Indonesia dan bahasa internasional. Domba Garut menjadi simbol kekayaan budaya dan bahasa yang patut dilestarikan.

5. Keberlanjutan Dari Sejarah yang Kaya

Domba Garut bukanlah tren baru dalam dunia peternakan. Sejarahnya yang kaya, tergambar dari relief Candi Prambanan, menunjukkan bahwa domba Garut sudah ada sejak dahulu kala. Relief tersebut menggambarkan sepasang domba garut yang berhadapan di bawah pohon kalpataru. Domba yang tergambar dalam relief tersebut memiliki ciri-ciri yang mirip seperti domba garut, yaitu garis muka ngabenguk, tanduk ngabendo, kuping rumpung, dan potongan rambut nyinga yang menggambarkan domba garut secara tepat.

Keberlanjutan spesies ini menjadi bukti bahwa beternak domba Garut tidak hanya memberikan keuntungan ekonomi, tetapi juga menjaga warisan budaya dan sejarah.

6. Dapat Dijadikan sebagai Hewan Kurban

Terdapat beberapa keunggulan yang membuat domba Garut menjadi pilihan yang populer sebagai hewan kurban pada hari raya Idul Adha. Pertama, ukuran tubuhnya yang cukup besar memungkinkan pemotongan yang memadai untuk kebutuhan berqurban. Selain itu, daging domba Garut dikenal memiliki kualitas yang baik, dengan tekstur yang lembut dan rasa yang lezat, sehingga cocok untuk disantap dalam hidangan qurban.

Baca juga: Syarat Domba Aqiqah & Tata Caranya yang Harus Diikuti

Cara Memilih Domba Garut yang Berkualitas untuk Beternak

Setelah mengenal keunggulan-keunggulan domba Garut, penting untuk tahu cara memilih domba Garut yang berkualitas agar kamu dapat beternak dengan sukses dan menguntungkan. Simak beberapa tip memilih domba Garut yang berkualitas di bawah ini.

1. Perhatikan Fisik dan Kesehatan

Perhatikan fisik dan kesehatan domba Garut yang akan kamu beli. Pastikan postur tubuhnya sehat dan kuat, dengan bulu yang bersih dan mengkilap. Mata yang jernih juga menjadi indikator kesehatan yang baik. Hindari memilih domba yang terlihat lemah atau menunjukkan tanda-tanda penyakit, karena hal ini dapat berdampak negatif pada kelangsungan hidup dan produktivitasnya.

Baca juga: Cara Merawat Domba Agar Cepat Gemuk

2. Tinjau Pemilihan Lokasi Peternakan

Pemilihan lokasi peternakan menjadi faktor penting dalam keberhasilan beternak domba Garut. Pastikan lokasi peternakan memenuhi berbagai faktor seperti lingkungan, sumber daya alam, faktor sosial, aspek ekonomi, dan mematuhi segala peraturan hukum yang berlaku. Lokasi yang strategis dapat meminimalkan risiko penyakit dan memberikan akses yang baik terhadap sumber daya alam.

3. Lakukan Pengecekan Riwayat Kesehatan dan Genetik

Sebelum memutuskan untuk membeli domba Garut, lakukan pengecekan menyeluruh terhadap riwayat kesehatan dan genetiknya. Domba dengan riwayat kesehatan yang baik memiliki peluang lebih besar untuk berkembang dengan optimal. Selain itu, memahami riwayat genetik dapat memberikan gambaran mengenai keturunan dan potensi genetik yang dimiliki oleh domba tersebut.

4. Konsultasikan dengan Peternak Berpengalaman

Jangan ragu untuk mencari pandangan dan saran dari peternak berpengalaman atau pihak yang ahli dalam beternak domba Garut. Mereka dapat memberikan wawasan berharga mengenai cara merawat domba Garut dengan baik, memberikan makanan yang sesuai, serta memberikan tip dan trik praktis lainnya. Pengalaman mereka dapat menjadi pedoman berharga bagi keberhasilan beternak Anda.

5. Perhatikan Kebutuhan Pakan dan Perawatan

Domba Garut memiliki kebutuhan pakan dan perawatan yang khusus. Penting untuk memahami jenis pakan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisinya dan memberikan perawatan yang optimal. Pemberian pakan yang baik akan berdampak positif pada pertumbuhan dan kesehatan domba Garut. Selain itu, perawatan yang baik juga melibatkan kebersihan kandang, pemantauan kesehatan rutin, dan penanganan yang sensitif terhadap kebutuhan individu domba.

Baca juga: Cara Ternak Domba Modern beserta Teknologi Terkini untuk Keuntungan Beternak

Dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki, beternak domba Garut bisa menjadi pilihan yang cerdas dan menguntungkan. Mulailah perjalanan peternakanmu dengan langkah yang tepat, dan rasakan sendiri manfaatnya tidak hanya dari segi ekonomi, tetapi juga dari warisan budaya dan sejarah yang domba Garut bawa bersamanya.

Web banner domba dorsip

Jangan lupa, jika kamu sedang mencari pihak yang (jual domba ekor gemuk) dan jual domba Dorper sebagai salah satu pilihan terbaik sumber pejantan untuk persilangan dengan domba Garut, Domba Dorsip siap membantu Anda memulai peternakan dengan kualitas terbaik. Kamu juga bisa menemukan berbagai jenis domba lainnya yang sangat cocok untuk dijadikan hewan ternak. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

About 

Dombadorsip.com merupakan website jual domba online bibit genetik unggulan dan terpercaya. Domba Dorsip Farm menyediakan domba dengan kualitas genetik terpercaya dan unggulan. Domba Dorsip Farm juga melayani impor lengkap dari kandang karantina Australia sampai kandang karantina setempat.