Domba Dorper Double Muscle: Mengungkap Keunikan dan Keunggulan yang Dimilikinya

29 Januari 2024

Apabila kamu sedang mempertimbangkan untuk memulai beternak domba, pertimbangan-pertimbangan serius pasti akan muncul. Tempat pemeliharaan, tujuan pemeliharaan (daging, wol, atau susu), dan jumlah domba yang akan kamu pelihara, semuanya akan menjadi bagian dari keputusan besar ini. Salah satu pertanyaan yang mungkin muncul adalah, apa jenis domba yang ingin dipelihara?

Di antara beberapa jenis tipe domba pedaging lainnya yang terkenal, domba Dorper adalah salah satu pilihan menarik untuk kamu pertimbangkan. Di bawah ini, Domba Dorsip akan menggali lebih dalam mengenai domba Dorper untuk memahami jenis domba yang unik ini!

Asal Usul dan Karakteristik Domba Dorper

Domba Dorper adalah jenis domba yang berasal dari Afrika Selatan. Awalnya, jenis domba ini dikembangkan melalui persilangan antara domba Dorset Horn dan domba Blackhead Persian. Sekarang, domba Dorper sudah menyebar ke berbagai daerah di luar Afrika Selatan. Domba ini tergolong sebagai domba yang memiliki tubuh yang panjang, bulat, dan padat. Terdapat dua varietas utama dari Domba Dorper, yaitu Black Head Dorper dan White Dorper. Sekarang, domba Dorper sudah menyebar ke berbagai daerah di luar Afrika Selatan.

Pembentukan domba Dorper dimulai pada tahun 1930-an dan segera menjadi populer, dengan pendirian resmi Dorper Sheep Breeders Society pada tahun 1950. Nama "Dorper" sendiri berasal dari kombinasi nama dua jenis induknya, Dorset dan Persian.

Domba Dorper adalah salah satu jenis domba paling populer di Afrika Selatan dan telah menyebar ke berbagai tempat di dunia. Domba ini tumbuh dengan cepat, mudah perawatannya, dan memiliki lapisan bulu campuran yang ringan yang gugur pada awal musim panas. Untuk bobotnya sendiri, domba Dorper jantan dewasa dapat mencapai bobot 110-130 kg jika dirawat dengan baik, sementara domba betina dewasa dapat mencapai 80-110 kg.

Salah satu hal unik dari jenis domba ini adalah domba Dorper diciptakan sebagai upaya Departemen Pertanian Afrika Selatan untuk menciptakan jenis domba daging yang lebih tahan terhadap iklim kering di daerah tersebut. Padahal biasanya, jenis domba lain yang dikembangkan oleh peternak dan gembala untuk menciptakan jenis yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Di Indonesia, sudah terdapat beragam jenis domba lokal yang berkualitas, seperti Domba Ekor Gemuk, Domba Garut, Domba Ekor Tipis, dan lainnya. Meski demikian, ketersediaan jumlah bibit domba lokal masih belum memenuhi peningkatan produksi untuk memenuhi permintaan pasar domestik dan internasional. Untuk mengatasi keterbatasan ini, maka munculah usaha untuk memperkenalkan domba Dorper, di mana domba ini dikenal sebagai jenis domba pedaging dengan tingkat produktivitas dan adaptasi yang tinggi.

Baca juga: Jenis - Jenis Domba di Indonesia Yang Cocok untuk Diternakkan

Keunggulan Domba Dorper sebagai Hewan Ternak

Sekarang, mari kita bahas apa saja keunggulan yang dimiliki oleh Domba Dorper sebagai hewan ternak. Ini penting untuk kamu yang sedang mempertimbangkan untuk memulai beternak, karena Domba Dorper memang punya daya tariknya sendiri. Ayo, kita simak apa kelebihan mereka!

1. Produksi Daging Lamb yang Unggul

Domba Dorper memang dikenal karena kualitas daging lamb-nya yang istimewa. Mereka dirancang untuk menjadi pemain utama dalam produksi daging, dan musim kawin panjang mereka memungkinkan para peternak yang berpengalaman untuk mendapatkan beberapa kali kelahiran setiap tahun. Kualitas dagingnya yang lezat, ditambah dengan kemampuan menambah berat badan hingga 150 - 250 gram per hari, menjadikannya pilihan ekonomis yang menjanjikan.

2. Musim Kawin yang Panjang

Keunggulan lain dari domba Dorper adalah musim kawin yang panjang. Mereka dapat melahirkan hingga tiga kali setiap dua tahun, dengan interval melahirkan sekitar delapan bulan. Hal ini menunjukkan kesuburan dan naluri induk yang baik, memberikan peternak lebih banyak peluang untuk meningkatkan stok ternak mereka.

3. Pertumbuhan Cepat dan Efisiensi Penggembalaan

Anak domba Dorper dapat tumbuh dengan cepat dan biasanya siap untuk dijual pada usia sekitar empat bulan. Meskipun sebagian produsen mungkin menunggu lebih lama untuk mendapatkan daging mutton berkualitas, kemampuan domba Dorper untuk menambah berat badan dengan cepat membuatnya menjadi pilihan yang menarik. Mereka juga efisien dalam menggembala, lebih suka rumput alami daripada pakan yang diolah.

4. Ketahanan di Berbagai Kondisi Lingkungan

Domba Dorper memang dirancang untuk hidup di daerah yang kering, tetapi sekarang mereka dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi iklim. Bulu dan wol mereka mudah dirawat, dan kulit tebalnya dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap kondisi iklim yang ekstrem, baik panas maupun dingin. Kulit domba Dorper juga memiliki daya jual yang tinggi di pasar global.

5. Perawatan Bulu yang Minimal

Keuntungan lainnya yang tidak kalah penting dari domba Dorper adalah bulu campuran mereka yang mudah dirawat. Meskipun dapat dicukur jika diinginkan, bulu dan wol mereka akan rontok dengan sendirinya pada akhir setiap sekitar musim semi (Maret - Mei). Penting untuk dicatat bahwa tidak semua domba Dorper melepaskan bulunya dengan baik, sehingga riset genetik mungkin diperlukan untuk memastikan karakteristik ini.

6. Keunikan Double Muscle pada Domba Dorper

Satu lagi keunggulan yang membuat domba Dorper menarik adalah double muscle (DM) yang dimilikinya. Domba Dorper dapat dimutasi hingga memiliki double muscle, yang membuatnya lebih berotot daripada beberapa jenis domba lainnya. Double muscle ini tidak hanya memberikan kekuatan ekstra, tetapi juga meningkatkan rasio daging dalam tubuh mereka.

Baca juga: Apa Itu Domba Awassi? Ketahui Ciri-Ciri Hingga Keunggulannya

Apakah Domba Dorper Cocok untuk Peternak Pemula?

Sekarang, mari kita bahas pertanyaan yang sering muncul, "apakah domba Dorper itu cocok buat peternak pemula?" Berikut ini adalah beberapa poin yang bisa jadi pertimbangan buat kamu yang baru mau merambah dunia peternakan.

1. Tingkat Kecocokan untuk Peternak Pemula

Pertama-tama, mari bicara tentang tingkat kesulitan. Domba Dorper sebenarnya bisa jadi pilihan yang cukup baik untuk peternak pemula. Meski banyak yang beranggapan bahwa mereka hanya bisa dipelihara di iklim hangat dan kering, kenyataannya tidak seperti itu. Banyak peternak di daerah dengan suhu rendah seperti New York yang berhasil memelihara domba Dorper bahkan di bawah suhu nol. Jadi, tidak perlu khawatir kalau kamu tinggal di daerah dengan iklim berbeda.

2. Kecocokan dengan Kebutuhan Peternak Baru

Bagi peternak pemula yang lebih fokus pada produksi daging, domba Dorper bisa jadi pilihan cerdas. Mereka terutama dihasilkan untuk daging mutton, bukan hanya daging anak domba atau lamb. Dengan musim kawin yang panjang, kamu bisa mendapatkan beberapa kali kelahiran setiap tahunnya. Ini tentu saja memberikan peluang lebih besar untuk meningkatkan stok ternak.

3. Fleksibilitas dalam Pemeliharaan

Kelebihan lainnya adalah fleksibilitas dalam pemeliharaan. Domba Dorper mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi lingkungan dan iklim. Dari mulai daerah panas hingga dingin, mereka memiliki tingkat ketahanan yang baik. Jadi, meski kamu tinggal di daerah dengan variasi suhu ekstrem, Domba Dorper tetap bisa jadi pilihan yang kokoh.

4. Aspek Perawatan yang Mudah

Poin yang tak kalah penting adalah aspek perawatan. Domba Dorper memiliki bulu campuran yang mudah dirawat. Kamu bisa mencukur mereka jika diinginkan, tetapi jika tidak, bulu dan wol mereka akan rontok sendiri pada akhir musim semi. Ini tentu mengurangi beban kerja perawatan, yang bisa jadi pertimbangan penting terutama bagi peternak pemula yang mungkin belum terlalu berpengalaman.

Baca juga: Cara Ternak Domba Modern beserta Teknologi Terkini untuk Keuntungan Beternak

Jadi, apakah Domba Dorper cocok untuk peternak pemula? Secara keseluruhan, jawabannya bisa iya. Domba Dorper menawarkan kombinasi antara kecocokan dengan iklim yang beragam, fokus pada produksi daging, dan kemudahan perawatan.

Tentu saja, seperti halnya dalam beternak apa pun, perlu ada pembelajaran dan perhatian terhadap kebutuhan hewan-hewan tersebut. Namun, domba Dorper adalah salah satu pilihan yang menarik bagi peternak yang baru memasuki dunia peternakan.

Web banner domba dorsip

Apakah kamu tertarik untuk memulai peternakan dengan domba Dorper? Jika ya, tak perlu khawatir mencari sumber yang jual domba Dorper dengan kualitas genetik terbaik. Kamu dapat menghubungi Domba Dorsip untuk mendapatkan Domba Dorper jantan full blood yang berkualitas. Mari mulai ternak impianmu sekarang!

About 

Dombadorsip.com merupakan website jual domba online bibit genetik unggulan dan terpercaya. Domba Dorsip Farm menyediakan domba dengan kualitas genetik terpercaya dan unggulan. Domba Dorsip Farm juga melayani impor lengkap dari kandang karantina Australia sampai kandang karantina setempat.