9 Manfaat Daging Domba Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

18 Maret 2024

Dalam dunia peternakan, daging domba menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk dijadikan sebagai sumber protein. Rasa dan tekstur daging domba juga terkenal sangat khas, jadi tidak heran jika ada banyak orang yang menyukainya. Selain lezat, manfaat daging domba bagi kesehatan juga sangat banyak, membuatnya makin menarik untuk disantap.

Melalui artikel ini, Domba Dorsip akan menjelajahi berbagai manfaat daging domba bagi kesehatan dan bagaimana cara mengolahnya dengan benar. Siapkan dirimu untuk mengeksplorasi kelezatan dan kebaikan dari daging domba!

Apa Saja Manfaat Daging Domba Bagi Kesehatan?

Daging domba, selain menawarkan cita rasa yang lezat, juga merupakan sumber nutrisi yang kaya dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat daging domba bagi kesehatan yang dapat kamu peroleh.

1. Sumber Protein Berkualitas Tinggi

Daging domba menjadi sumber protein berkualitas tinggi yang sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh. Protein adalah elemen pokok dalam proses pertumbuhan, perbaikan, dan pemeliharaan otot. Kandungan protein yang tinggi dalam daging domba juga mendukung produksi enzim, hormon, dan antibodi, menjadikannya kontributor utama untuk menjaga keseimbangan tubuh.

2. Kaya Akan Vitamin B12 Dan B Kompleks

Daging domba adalah salah satu sumber utama vitamin B12 yang krusial untuk kesehatan. Vitamin ini berperan dalam produksi sel darah merah, menjaga kesehatan saraf, dan mendukung metabolisme energi. Selain itu, daging domba juga menyediakan vitamin B kompleks lainnya seperti thiamin, riboflavin, niacin, dan vitamin B6, yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit, mata, dan sistem saraf.

3. Kandungan Mineral Yang Penting

Daging domba mengandung berbagai mineral-mineral penting seperti zat besi, zink, dan selenium. Zat besi berperan dalam pembentukan hemoglobin dan transportasi oksigen ke seluruh tubuh. Sementara itu, zink dan selenium mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh, melindungi sel dari kerusakan radikal bebas, dan menjaga keseimbangan mineral dalam tubuh.

Baca juga: Domba Dorper Double Muscle: Mengungkap Keunikan Dan Keunggulan Yang Dimilikinya

4. Mendukung Kesehatan Jantung

Mengonsumsi daging domba, terutama yang berasal dari pemeliharaan rumput, dapat mendukung kesehatan jantung. Kandungan omega-3, asam lemak tak jenuh, dan CLA (Conjugated Linoleic Acid) dalam daging domba dapat membantu mengurangi risiko peradangan, menurunkan kadar kolesterol, dan mendukung fungsi jantung yang optimal.

5. Pemenuhan Kebutuhan Zat Besi Pada Kelompok Risiko

Bagi wanita hamil atau yang mengalami menstruasi berat, daging domba menjadi solusi lezat untuk mencegah anemia akibat kekurangan zat besi. Kandungan zat besi heme dalam daging domba dapat dengan efektif meningkatkan tingkat zat besi dalam tubuh, mendukung pertumbuhan janin, dan mengurangi risiko komplikasi kehamilan.

6. Kaya Akan Selenium Dan Zinc Untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Daging domba juga memberikan kontribusi signifikan terhadap kesehatan sistem kekebalan tubuh. Kandungan selenium dan zinc dalam daging domba mendukung produksi sel-sel kekebalan dan melindungi tubuh dari infeksi. Kedua mineral ini juga berperan sebagai antioksidan, membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

Baca juga: Cara Ternak Domba Modern beserta Teknologi Terkini Untuk Keuntungan Beternak

7. Sumber Asam Lemak Omega-3

Daging domba yang berasal dari pemeliharaan rumput menjadi sumber asam lemak omega-3 yang bermanfaat. Asam lemak ini terkait dengan kesehatan jantung dan otak. Konsumsi daging domba yang kaya omega-3 dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, meningkatkan fungsi kognitif, dan mendukung kesehatan sistem saraf.

8. Membantu Mencegah Kekurangan Vitamin B

Daging domba menjadi pilihan yang baik untuk mencegah kekurangan vitamin B, terutama B12. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk anemia megaloblastik dan gangguan neurologis. Konsumsi daging domba secara teratur dapat membantu menjaga tingkat vitamin B12 yang cukup dalam tubuh.

9. Menjaga Kinerja Fisik dengan Baik

Daging domba memiliki kandungan asam amino beta-alanine yang penting bagi tubuh untuk menghasilkan carnosine. Tingkat carnosine dalam tubuh dapat berpengaruh pada fungsi serta performa otot.

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam jurnal Sports Medicine, tingginya kadar carnosine dalam otot manusia dapat mengurangi efek kelelahan dan meningkatkan kinerja olahraga secara berkelanjutan.

Oleh karena itu, mengonsumsi daging domba secara teratur dapat memberikan manfaat yang signifikan, baik bagi atlet atau bagi siapapun yang ingin meningkatkan performa fisik mereka dalam kegiatan sehari-hari.

Baca juga: Karakteristik Daging Domba dan Hal-Hal yang Membuatnya Begitu Spesial

Bagaimana Cara Mengolah Daging Domba Dengan Benar?

Daging domba adalah bahan yang fleksibel dan memungkinkan berbagai teknik memasak untuk menghasilkan cita rasa yang luar biasa. Mari eksplorasi beberapa cara mengolah daging domba dengan benar untuk mencapai hasil terbaik.

1. Panggang Atau Grill

Teknik memasak seperti panggang atau grill dapat memberikan dampak signifikan pada cita rasa daging domba. Proses ini membawa keluar rasa alami daging dan menghasilkan lapisan karamel pada lemaknya. Hasilnya adalah cita rasa yang lezat, sedikit beraroma asap, dengan pinggiran yang garing menambahkan kenikmatan pada setiap suapan.

2. Braise

Teknik braising atau memasak perlahan dengan menggunakan cairan dapat memberikan hasil yang sangat lembut dan memungkinkan daging meresap ke dalam marinasi atau rempah yang digunakan. Bayangkan sepotong daging domba yang empuk dan dimasak dalam saus merah anggur kaya dengan bumbu aromatik. Dagingnya akan menjadi sangat lembut, hampir lepas dari tulang, dan sausnya mengembangkan rasa kompleks yang sempurna melengkapi cita rasa domba.

3. Sous Vide

Teknik memasak sous vide dapat membawa daging domba ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan menyelimuti daging dalam vakum dan memasaknya dalam air yang dikontrol suhunya, hasilnya adalah daging yang dimasak dengan sempurna. Teksturnya sangat lembut dan rasa merata terdistribusi di seluruh daging. Sous vide menciptakan pengalaman memasak yang presisi untuk mendapatkan hasil yang konsisten setiap kali.

4. Marinasi

Marinasi daging domba dalam campuran rempah-rempah memainkan peran penting dalam memberikan kedalaman dan kompleksitas pada cita rasanya. Baik itu marinasi sederhana berisi bawang putih dan rempah atau campuran rempah yang kaya akan cita rasa seperti rosemary, lemon zest, dan minyak zaitun, keduanya dapat melengkapi cita rasa alami daging domba.

5. Olesi Dengan Rempah

Campuran cumin, paprika, ketumbar, dan rempah lainnya dapat mengubah daging domba panggang sederhana menjadi memiliki rasa yang luar biasa. Rempah-rempah tersebut juga akan membentuk kerak di luar daging, menciptakan kontras yang indah dengan bagian dalam daging domba yang lembut. Inilah yang menjadikan setiap potongan daging domba menjadi sangat nikmat untuk disantap.

Baca juga: Perbedaan Lamb dan Mutton beserta Tips Memilihnya

Web banner domba dorsip

Setelah mengetahui berbagai manfaat daging domba bagi kesehatan dan cara mengolahnya, tentu saja kamu paham kan betapa spesialnya daging domba. Dengan berbagai manfaat tersebut, apakah kamu jadi tertarik untuk beternak domba? Jika iya, langsung saja kunjungi Domba Dorsip untuk mendapatkan berbagai domba berkualitas tinggi, mulai dari Dorper, Van Rooy, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Domba Dorsip juga menjual cross breed Dorper untuk kamu yang ingin mempersiapkan Hari Raya Idul Adha. Tidak ada salahnya kan mempersiapkan hewan qurban sedini mungkin? Jadi, yuk langsung saja hubungi Domba Dorsip untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai domba yang kami sediakan!

About 

Dombadorsip.com merupakan website jual domba online bibit genetik unggulan dan terpercaya. Domba Dorsip Farm menyediakan domba dengan kualitas genetik terpercaya dan unggulan. Domba Dorsip Farm juga melayani impor lengkap dari kandang karantina Australia sampai kandang karantina setempat.